Guru Menginspirasi

Teacher is the heart of the school

Artikel

Workshop MI Mazroatul Ulum

Alhamdulillah pada hari Selasa 5 Juli 2022 saya berkesempatan belajar dan berbagi Bersama guru-guru MI Mazroatul Ulum yang beralamat di Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo Paninggilan, Kec. Ciledug. Materi saya sebenarnya adalah Penjaminan Mutu Guru Internal, namun setelah saya pelajari isi nya ternyata lebih banyak teknis dan sangat mungkin sudah dilakukan oleh guru. Hanya sekolah tingal menetapkan standar kualitas mutu guru nya saja.

Ada hal yang lebih penting sebelum kita mengulik Mutu Guru dan mengetahui apakah guru kita bermutu, yaitu Mindset…. Iya betul. Mindset dapat diartikan sebagai suatu kumpulan pemikiran yang terbentuk sesuai dengan pengalaman dan keyakinan sehingga dapat mempengaruhi perilaku atau cara berfikir seseorang dalam menentukan suatu sikap, pandangan hingga masa depan seseorang. Mindset inilah yang menentukan nasib guru di masa depan. Jika mindset nya benar insya Allah melakukan cara yang benar, jika mindsetnya salah, bisa jadi salah.

Dengan banyaknya informasi yang kita terima dan pengalaman di masa kecil yang tidak bisa kita hilangkan, maka perlu kesadaran diri untuk melakukan Latihan terus menerus dan mengupdate ilmu.

Ada dua jenis mindset yang kita bahas dalam workshop ini

Fixed Mindset (Mindset Tetap)

Mindset yang satu ini adalah mindset yang akan sesuai terhadap kepercayaan bahwa kualitas seseorang telah ditetapkan. Ciri-ciri mereka yang memiliki mindset tetap adalah ia yang memiliki keyakinan bahwa intelegensi, bakat atau sifat merupakan fungsi hereditas atau keturunan, ia yang relatif menghindari suatu tantangan, ia yang lebih mudah menyerah, ia yang memiliki anggapan bahwa usaha tidak ada manfaatnya, ia yang mengesampingkan kritik dan ia yang merasa terancam dengan kesuksesan orang lain.

Growth Mindset (Mindset Berkembang)

Mindset berkembang merupakan mindset yang didasarkan bahwa kualitas dari seseorang merupakan hal yang bisa diolah dengan beberapa usaha yang dilakukannya. Walau, setiap orang berbeda-beda dalam banyak hal namun masing-masing orang dapat berubah dan berkembang hanya melalui perlakuan serta pengalaman.

Merubah mindset ini tidak mudah dan memerlukan usaha yang keras. Karena mindset ini akan sangat dipengaruhi oleh lingkungan, pengalaman hidup sebelumnya, informasi yang kita terima. Maka dari itu saya ingin mengajak guru untuk tidak melakukan 7 Kesalahan Fatal Seorang Guru:

  1. Punya mimpi selain guru
  2. Tidak mengupdate pengetahuannya.
  3. Kurang persiapan
  4. Perhitungan
  5. Tidak punya portfolio
  6. Fix Mindset
  7. Tidak mengkaji Al-Qur’an

Inti dari workshop penjaminan mutu adalah kita sebagai guru harus mendekatkan diri kepada Allah SWT, berniat dengan tulus untuk mendidik generasi qur’ani, tidak terlalu khawatir tentang uang atau kepemilikan duniawi lainnya. Saya yakin rezeki kita banyak, hanya apakah kita sudah siap pada saat mau diberikan rezeki tersebut.

Selamat berlatih merubah mindsetnya.

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *

I am an educator and recently I am working at Budi Luhur School teaching at Senior High School and Developing School Management. I also involving at Elementary Level as a principal.