Guru Menginspirasi

Teacher is the heart of the school

Blog

WALI KELAS Orang Tua di sekolah

Wali kelas adalah sosok guru dan orang tua pilihan. Mengapa saya katakan pilihan, karena harapannya wali kelas memiliki kepekaan, inisiatif, perhatian dan tanggung jawab lebih yang dapat ditularkan kepada anak-anak di kelasnya. Tentu saja harapannya semua guru memiliki kriteria di atas.

 

Pilar ke 5: Disiplin, Bertanggung Jawab dan Pantang Menyerah ini merupakan sesuatu yang dapat di lihat langsung oleh siswa. Siswa sangat pintar membaca Bahasa tubuh kita sebagai guru. Siswa mampu memprediksi kebijakan kita di kelas. Siswa sangat tahu karakter guru yang santai, guru yang negotiable, guru tegas, guru yang galak, dan lain sebagainya.

 

Saya percaya masing-masing diri kita memiliki kelebihan dan kekurangan. Lalu bagaimana caranya agar kekurangan ini bisa menjadi kekuatan. Tentu ini memerlukan waktu untuk introspeksi diri dan terus melakukan perbaikan serta menerima kritikan dan saran dari teman sejawat. Kita sebagai guru harus bisa terbuka dan bisa menerima masukan itu (termasuk masukan dari murid kita)

Semua ini dapat dilihat dari kita sebagai wali kelas yang bertanggung jawab atas 22-28 siswa di kelas.

  1. Jika ada anaknya minta ijin terlambat. Tanyakan lebih lanjut apa sebenarnya yang terjadi. Link data siswa terlambat sudah saya email.
  2. Jika ada siswanya yang terlambat, ajak bicara oleh wali kelas. Tanyakan apa yang membuat dia terlambat.
  3. Jika tidak ada guru di kelasnya, tengok lah sebentar atau bisa tetap di kelas mengajak ngobrol.
  4. Tawarkan bantuan kita kepada mereka, jika mereka terlihat kesulitan.
  5. Berikan senyuman dulu baru bicara. Karena dengan senyuman akan mencairkan suasana.

 

Memang membutuhkan waktu lebih untuk memberikan perhatian kepada anak-anak ini. Tetapi itu yang paling mereka butuhkan.

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *

I am an educator and recently I am working at Budi Luhur School teaching at Senior High School and Developing School Management. I also involving at Elementary Level as a principal.