Guru Menginspirasi

Teacher is the heart of the school

Training

Teachers Training

Guru yang merupakan jantung nya sekolah menjadi bagian yang sangat penting untuk diperhatikan, di latih, di kembangkan dan bertumbuh. Guru menjadi tolak ukur apakah sekolah tersebut bagus atau tidak nya. Selain itu tentu saja berdampingan dengan sistem yang dibuat oleh sekolah: Kapasitas guru memegang peranan yang sangat penting dalam mendidik dan mengembangkan peserta didik. Jika dokter merupakan profesi “bergengsi” dan “penting” karena menyelamatkan nyawa manusia. Maka GURU juga penting sebagai profesi yang membanggakan karena menyelamatkan “masa depan” generasi bangsa.

Namun tidak mudah mensejajarkan profesi GURU dengan profesi lain nya yang bergengsi. Di beberapa Negara guru sudah menjadi profesi membanggakan dan terhormat. Kesejahteraan nya sangat diperhatikan dan ini sangat penting untuk dilakukan agar PARA PENDIDIK focus mencerdaskan peserta didik nya disekolah. Namun kenyataan nya di Indonesia masih belum bisa dilakukan karena gaji guru masih menyesuaikan dengan kemampuan Yayasan. Belum ada standar yang mengatur tentang hal ini.

Beberapa waktu lalu saya melatih guru-guru Sekolah Al-Ikhwan dengan tujuan mengembangkan dan merubah mindset guru selama ini. Karena banyak sekolah masih memiliki guru dengan mindset lama. Pola pikir lama ini yang akhirnya membuat peserta didik nya juga menjadi produk orang lama. Cara mengajar yang lama, cara menangani kelas yang lama dan lain sebagainya.

Penting bagi guru untuk terus berkembang dan tumbuh di institusi mereka bekerja sekarang. Itu semua perlu proses dan dukungan dari Yayasan, Kepala Sekolah dan Orang tua. Ketiga elemen atas tersebut harus bisa memberi ruang dan kesempatan kepada guru untuk berkembang dan tumbuh. Arti berkembang yaitu mampu mengembangkan keahliannya dalam mengajar, mendapatkan training-training untuk mengupdate ilmunya. Mampu menyelesaikan masalah-masalah umum yang ada disekolah.

Arti tumbuh disini: Guru harus bisa tumbuh menjadi besar dengan kapasitasnya sebagai guru. Guru harus punya keinginan untuk berbagi kepada rekan kerjanya. Guru harus menambah keahliannya dengan cara menulis, membuat video atau karya lainnya yang dapat menginspirasi kelas. Manfaat memberikan in house training agar guru tumbuh dan berkembang juga sangat banyak, diantaranya: mempererat rasa persaudaraan, mengenal lebih dekat masing-masing individu, lebih mengenal karakter diri sendiri, menambah keahlian yang terupdate, mampu mengembangkan skill yang sudah dimiliki. Kegiatan ini pun bisa diajadikan bahan evaluasi di akhir tahun ajaran dan melibatkan semua guru untuk berfikir bagaimana mengembangkan sekolah kita, tentu saja kepala sekolah/ yayasan harus sudah memiliki kerangka berfikirnya berdasarkan Visi Misi agar lebih maksimal dalam diskusi dan bukan mengevaluasi hal-hal yang tidak disukai oleh guru.

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *

I am an educator and recently I am working at Budi Luhur School teaching at Senior High School and Developing School Management. I also involving at Elementary Level as a principal.