Guru Menginspirasi

Teacher is the heart of the school

Training

Teachers Training at SMA Berbudi Yogyakarta

Pada hari Senin, 17 September 2018 saya berkesempatan mengunjungi SMA-SMK Berbudi Yogyakarta. Sekolah yang di dirikan tahun 1991 dengan luas tanah 6500 m persegi ini menyimpan banyak potensi untuk berkembang, namun sayangnya belum ada yang bisa membuka pintu potensi tersebut.

Awal berdiri sekolah ini diberikan fasilitas terbaik oleh pendirinya Bapak Djaetun HS yang sekarang masih ada, seiring waktu berjalan fasilitas yang mempuni ini menjadi kurang terawat. Banyak factor yang harus di bahas satu persatu.

Pertama kali saya masuk ke sekolah ini, saya tidak merasakan aura semangat belajar mengajar. Terlihat dari siswa-siswi nya yang cuek ketika tahu kedatangan tamu. Ketika saya berkeliling dan melihat salah satu kelas sedang belajar dengan santainya, siswa bermain HP tidak ditegur dan guru terus mengajar di dalamnya. Hampir semua jendela dan ruang-ruang lain berdebu. Jelas saya tidak menemukan “ruh” sekolah ini. Fasilitas gamelan yang bernilai tinggi dibiarkan menganggur di dalam ruangan. Lapangan terlihat sepi dari kata-kata motivasi. Dinding dan tangga juga terlihat sepi dari gambar-gambar yang memotivasi siswa dan guru.

 

Tugas saya ke sini adalah untuk membangkitkan motivasi yang lama tertidur, membuka mindset guru dan staff bahwa kita harus bergerak menjadi lebih baik. Saya masuk ke beberapa kelas SMK untuk berdialog bersama muridnya sekaligus saya mencari data dengan menyebarkan kuesioner online (menggunakan google form), data ini akan menjadi acuan saya menyusun analisi SWOT.

Potensi yang bisa dikembangkan dari sekolah ini dan sangat mungkin 2-3 tahun sekolah ini bisa bangkit kembali menjadi sekolah terbaik di Yogya. Berikut beberapa catatan khusus:

  1. Guru-guru yang masih muda, sangat mungkin untuk dilatih dan bisa berkembang.
  2. Lahan sekolah yang luas dan mumpuni dan milik sendiri.
  3. Sudah lebih dari 20 tahun berdiri, berarti masyarakat sudah cukup mengenal sekolah Berbudi.
  4. SMK memiliki pasar dan potensi yang banyak dimasa depan dengan tujuan siap kerja.
  5. Bisa membuka kesempatan institusi lain berkolaborasi dengan SMK, untuk meminimalisir biaya operasional.

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *

I am an educator and recently I am working at Budi Luhur School teaching at Senior High School and Developing School Management. I also involving at Elementary Level as a principal.