Guru Menginspirasi

Teacher is the heart of the school

Blog

Tantangan GO GREEN

Hari ini ke lima kalinya saya bertemu dengan pedagang di Kantin sekolah. Tujuannya saya ingin menempelkan tulisan reminder bahwa kita akan memulai tidak menggunakan plastic di bulan November 2019. Tetapi setiap perubahan pasti ada tantangan tersendiri. Tantangannya adalah para pedagang merasa dagangan mereka sepi semenjak 3 minggu lalu saya memasang poster “Heading November Without Plastic”.

 

Para pedagang ini merasa mengapa mereka di kantin tidak memperbolehkan memakai plastic sedangkan ada siswa atau guru yang membeli minuman dari luar menggunakan plastic dan Styrofoam. Padahal mereka sudah tidak menggunakan Styrofoam lagi. Dengan kata lain mereka tidak terima jika guru atau murid bisa membeli makanan atau minuman dengan plastic, padahal dalam waktu yang bersamaan mereka kehilangan pendapatan karena tidak memakai plastic. Menurut mereka (pedagang), baiknya mereka makan disini saja pak.

 

Baiklah bapak ibu, saya akan belikan piring dan gelas untuk pedagang di sini agar siswa dapat makan dan minum disini. Dan ini pun diaminkan oleh ibu-ibu dan bapak. Bahkan para pedagang meminta semua guru tidak boleh beli makanan di luar , tetapi saya jawab saya tidak bisa melarang mereka membeli diluar. Tapi saya bisa menghimbau bahwa jika membeli makanan di luar tidak menggunakan plastic dan Styrofoam.

 

Oaky jadi ini tantangan nya dan saya yakin solusinya sudah dekat. Bagaimana para pedagang ini bisa menerima perubahan yang tadinya ada plastic dan sekarang tidak ada plastic.

 

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *

I am an educator and recently I am working at Budi Luhur School teaching at Senior High School and Developing School Management. I also involving at Elementary Level as a principal.