Guru Menginspirasi

Teacher is the heart of the school

Teachers Upgrade

Rapat Pimpinan Sekolah Budi Luhur, Bogor 27-28 Januari 2018

Untuk sekolah yang sedang tumbuh dan mulai besar, diperlukan pimpinan yang memikirkan perkembangan sekolah secara kontinu, terlebih untuk sekolah Budi Luhur yang sudah cukup lama. Mempertahankan nama baik menjadi tantangan tersendiri untuk bisa terus berinovasi dan melakukan perubahan agar dapat terus bersaing dengan sekolah lain yang semakin menjamur.

Rapat pimpinan sekolah ini dilaksanakan dari tingkat TK-SMA/ SMK untuk menyamakan visi misi sekolah yang notabene kepala sekolah nya berasal dari berbagai macam latar belakang sekolah Nasional dan Internasional. Tentu saja para kepala sekolah ini sudah sangat berpengalaman, namun tetap saja setiap sekolah memiliki ciri khas yang harus ditonjolkan.

Materi yang paling krusial adalah menyamakan Visi Sekolah agar seluruh Kepala Sekolah tahu arah dan tujuannya dari sekolah, ini akan mempermudah melakukan Misi dari setiap unit sekolah. Perbedaan sudut pandang dan pemikiran tentu saja ada, di rapat pimpinan ini kita menyamakan frekuensi agar dpat melangkah lebih mudah.

Hal kedua yang sangat penting juga adalah penerapan Nilai-Nilai Kebudilihuran yang saat ini sudah mulai memudar karena banyak SDM baru masuk sehingga SDM lama merasa harus mengejar ketertinggalannya, ini pun menjadi tantangan tersendiri (Kepala Sekolah harus bisa menjembatani antara SDM senior dan junior dalam hal pengabdian). Kita tahu bahwa SDM sekarang tidak terlalu membutuhkan status Karyawan Tetap, yang mereka butuhkan lebih kepada ekspektasi salary yang tinggi.

Ketiga adalah bagaimana mentransfer nilai-nilai kebudiluhuran ini kepada semua guru dan staff, Prang tua dan siswa agar proses pembelajaran dan suasana kerja menjadi produktif dan kondusif. Ini menjadi tentangan tersendiri karena kita harus menyeimbangkan antara ES, SQ dan IQ. Kepala Sekolah harus membuat program Pengembangan SDM agar SDM yang ada merasa betah bekerja dan dapat mengembangkan skill nya di Budi Luhur.

Lalu ada poin tambahan yang hanya diulas sedikit karena perlu ada Rapat Pimpinan Lanjutan membahas tentang Peraturan Sekolah yang perlu di update, rekrutment, dll.

Proses ini memerlukan waktu agar bisa berjalan dan terlihat hasilnya, Tiga poin utama di atas perlu teladan dari Kepala Sekolah agar bisa di tularkan kepada warga sekolah. Selamat Bekerja para Kepala Sekolah.

Salam Budi Luhur

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *

I am an educator and recently I am working at Budi Luhur School teaching at Senior High School and Developing School Management. I also involving at Elementary Level as a principal.