Guru Menginspirasi

Teacher is the heart of the school

Teachers Upgrade

Professional Development – Blogging & Vlogging

Melihat perkembangan zaman yang berubah begitu cepat, ini pun merubah cara belajar anak didik kita yang setiap tahun berganti dengan bakat dan kebutuhan yang berbeda. Perubahan akan selalu ada dalam setiap institusi, seperti yang di katakan Prof. Rhenald Kasali, PhD menulis buku cHaNgE! ”Tak peduli berapa jauh jalan salah yang Anda jalani, putar arah sekarang juga”. Karena perubahan akan selalu terjadi, maka akan selalu ada manusia yang resisten tidak mau berubah.

Sekolah yang melakukan training, workshop atau PD (Professional Development) sekalipun akan tetap ketinggalan dengan murid-murid zaman now. Mengapa saya bisa mengatakan itu, karena inti nya bukan PD nya akan tetapi gurunya yang harus terupdate secara otomatis. Ibarat sebuah software yang terhubung secara online, apabila ada software versi terbaru maka otomatis akan ter-update. Nah, sekolah-sekolah yang ada sekarang meng-update software nya masih manual dan tidak semuanya diupdate. Klo kita punya smartphone yang RAM nya 1 GB, kita pasti akan berfikir dua kali untuk mengupdate software/aplikasi yang kita gunakan. Padahal software/aplikasi yang kita gunakan setiap dua minggu/1 bulan sudah ada versi terbaru nya.

Karena guru bukan smartphone yang hanya punya RAM 1 GB, maka guru sangat berpotensi untuk diupdate dan terupdate secara otomatis. Guru (manusia) memiliki RAM unlimited, hanya bagaimana guru tersebut mau menggunakannya atau tidak…. Itu saja…

Masalah mau menggunakannya atau tidak, kembali lagi kepada guru tersebut apakah passionnya dibidang pendidikan sebagai pendidik. Silahkan baca buku Do it with Passion yang di Tulis Ken Robinson, kita akan tahu apakah itu passion kita atau bukan…..

Hari ini guru-guru Budi Luhur Pondok Aren belajar dan berlatih membuat Vlog dan Blog. Tujuannya sudah jelas saya tuliskan diawal yaitu untuk mengupdate software guru. Guru harus bisa membuat media pembelajaran secara online dan mampu mempublikasikan di dunia maya. Pembicaranya adalah seorang Blogger berpengalaman yang sudah bertahun-tahun berbagi pengalaman tulisannya secara online silahkan baca blognya: https://dzulfikaralala.com/. Dzulfikar Al’ala ini adalah teman sekelas saya waktu kuliah di UIN Syarif Hidayatullah…. Iya semakin hari kesibukan semakin bertambah, silaturrahmi hanya sebatas WA, sudah sekian lama tidak bertemu akhirnya hari ini bisa bertemu juga…. dan ternyata oh ternyata Ms Erni (guru Budi Luhur) adalah tetangga dan teman SMA Hapsari… what a small world

Workshop yang dimulai pukul 07.30 dan seharusnya selesai pukul 11.00 akhirnya selesai pukul 12.30 WIB, tentu saja karena penyampaian yang menarik dan langsung praktik ini membuat guru-guru antusias mengikuti workshop ini sampai selesai dan bahkan melewati waktu yang sudah ditentukan. Penjelasan tentang Vlog dan Blog, teknis membuat Vlog dan Blog, tips dan trik membuat vlog dan blog dan langsung praktik membuat Vlog. Hasilnya guru-guru sangat senang dan semangat dalam pembuatan Vlog/Blog ini. Yang membuat lebih menarik lagi pembicara menyiapkan hadiah untuk 6 Vlogger terbaik dipenghujung acara.

berikut link pemenang video terbaik hasil buatan guru-guru Budi Luhur:

Ms. Indi: https://youtu.be/5ozVMyKwQzU

Ms. Ayu: https://youtu.be/Uc0oNsA5Ve0

Ms. Ulpi : https://youtu.be/yilLmVJrKlY

Ms. Erni : https://youtu.be/UwOp1zLzJb8

Ms. Vanny : https://youtu.be/PzmBqu3HWNc

Terima kasih kepada guru yang terus berdedikasi untuk pendidikan Indonesia, terus belajar dan update software nya. Keep up updating and will see you on the next PD.

Thank you dude, for sharing your knowledge…

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *

I am an educator and recently I am working at Budi Luhur School teaching at Senior High School and Developing School Management. I also involving at Elementary Level as a principal.