Guru Menginspirasi

Teacher is the heart of the school

Artikel

Principal

Menjadi kepala sekolah pasti menjadi role model yang selalu di lihat dan di tiru oleh guru-guru lain. Salah satunya adalah datang tepat waktu atau lebih tepatnya datang lebih awal. Sebagai kepala sekolah sudah menjadi kewajiban untuk datang lebih awal agar dapat melihat langsung guru yang datang awal dan guru yang datang terlambat. Banyak hal yang perlu dipersiapkan mulai dari Perencanaan, Sosialisasi, Supervisi dan Evaluasi. Dari semua pekerjaan itu, tanggung jawab kepala sekolah adalah seluruh kegiatan yang ada disekolah. Maka sangat wajar jika kepala sekolah terlihat sibuk dan memang sibuk beneran. Menghadiri rapat rapat yang memang tugas nya untuk merencanakan.

Planning planning and planning, lalu setelah di rencanakan sosialisasi dan memotivasi guru dan staff adalah hal yang wajib juga dilakukan. Karena pada akhirnya guru dan staff yang akan melaksanakan kegiatan yang sudah direncanakan oleh kepala sekolah dan yayasan.

Kepala sekolah juga wajib mensupervisi kegiatan dan guru. Terutama pembelajaran dikelas yang menjadi tolak ukur orang tua bagaimana guru tersebut dapat menyampaikan materi pembelajaran secara efektif dan menyenangkan.

Pada pelaksanaannya kegiatan supervisi ini mejadi hal yang sangat mudah, namun terkadang waktunya yang tidak ada. Segudang kegiatan namun waktu yang kita punya hanya 8 jam setiap hari. Jadi disinilah manajemen waktu bekerja. First thing first…

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *

I am an educator and recently I am working at Budi Luhur School teaching at Senior High School and Developing School Management. I also involving at Elementary Level as a principal.