Guru Menginspirasi

Teacher is the heart of the school

Teachers Upgrade

Portal Guru Belajar

Halloo educaters…..

Bagaimana kabarnya hari ini? Kita masih belajar dari rumah ya. Sudah satu tahun kita belajar dengan kondisi pandemic. Pasti kita mengalami transisi yang tidak mudah. Yang tadinya belajar “disuapin” di sediain, di kejar-kejar…. sekarang kita dituntut untuk belajar sendiri “self learning”.

Hayooo… siapa diantara guru-guru semua yang tidak menambah ilmu di masa pandemic? Begitu banyak webinar yang bagus-bagus, dari mulai yang berbayar dampai yang GRATIS GRATISSS….

Nah termasuk kemendikbud…. Mas mentri kita ini sadar betul bahwa kementrian pendidikan harus menjadi pioneer dan mampu memfasilitasi guru/ kepala sekolahnya untuk belajar. Melalui SIMPKB kita bisa belajar secara mandiri dan mendapatkan sertifikat resmi lho…. tapi ada syaratnya, kamu harus masuk ke dalam salah satu komunitas belajar MGMP di daerah kamu. Jadi kita diarahkan untuk aktif berbagi ilmu.

Dari portal Guru Belajar ini yang saya ambil adalah sesi AKM. Asesmen Kompetensi Minimum ini sudah kita dengar dari satu tahun yang lalu, tapi apakah dari kita sudah memahami sepenihnya tentang AKM ini. AKM hanya sebagian dari Asesmen Nasional. Nanti ada lagi Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar.

Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Pertanyaannya, mutu pendidikan seperti apa yang diharapkan? Apakah mutu pendidikan dapat dilihat dari hasil Ujian Nasional saja seperti yang selama ini terjadi?

Peningkatan mutu sistem pendidikan tidak hanya berorientasi pada pencapaian siswa dalam menguasai materi pelajaran dan nilai ujian akhir, apapun sebutannya. Keberhasilan sistem pendidikan lebih difokuskan pada pencapaian kompetensi siswa yang meliputi pengetahuan, keterampilan dan sikap. Terlebih pada era transformasi pendidikan abad ke-21, dimana arus perubahan menuntut siswa menguasai berbagai kecakapan hidup yang esensial untuk menghadapi berbagai tantangan abad ke-21 dimana siswa memiliki kecakapan belajar dan berinovasi, kecakapan menggunakan teknologi informasi, kecakapan hidup untuk bekerja dan berkontribusi pada masyarakat. “dikutip dari portal guru belajar”

Intinya Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar siswa yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

  1. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur kompetensi mendasar literasi membaca dan numerasi siswa.
  2. Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter siswa
  3. Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat sekolah.

 

 

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *

I am an educator and recently I am working at Budi Luhur School teaching at Senior High School and Developing School Management. I also involving at Elementary Level as a principal.