Guru Menginspirasi

Teacher is the heart of the school

Teachers Upgrade

Perubahan

Sebagai guru kita dituntut untuk memiliki banyak keahlian agar dapat mengakomodir siswa-siswa kita yang setiap tahunnya semakin cerdas dan kritis. Tentu saja hal ini membuat sang GURU harus terus belajar dan memperbaharui ilmunya.

Anak didik kita adalah refleksi dari kita sebagai guru. Dulu ketika saya masih bertugas di SD saya suka mengatakan: jika ingin melihat karakter guru tersebut, lihat saja kelasnya (lihat anak-anak didiknya). Jika guru tersebut optimis, bersemangat, ceria maka anak- didiknya pun akan seperti itu, namun bisa dibayangkan jika gurunya suka datang terlambat, kurang merespon pertanyaan anak, kurang perhatian, dll…. Bisa dibayangkan anak didiknya seperti apa kan…

Sekarang ketika di SMA, hal ini ternyata masih sama. Masalah yang saya temukan di peserta didik: Kurang percaya diri, rendahnya motivasi, kesadaran diri yang rendah, tidak visioner dan banyak hal-hal lain yang sama persis saya lihat pada guru tersebut.

Hal ini saya membuat saya penasaran untuk mencari penyebabnya dan memperbaiki. Karena untuk memperbaiki sebuah sekolah harus dimulai dari gurunya. Jika gurunya sudah diperbaiki dan berubah cara pandangnya dalam melihat sesuatu maka siswanya akan mengikuti dengan otomatis.

Tulisan ini pun menjadi bahan evaluasi saya selama 3 bulan pertama bekerja di SMA. Perencanaan dan prosedur sudah di sosialisasikan, namun tetap pengawasan menjadi nomor satu. Guru belum bisa bekerja tanpa pengawasan. Guru belum bisa menghargai waktu dengan cermat. Sebelum saya menulis lebih detail, saya katakan hal ini juga bisa terjadi di sekolah manapun dengan berbagai kondisi. Dan yang paling memprihatinkan kesadaran guru belum terbangun, ada sesuatu yang belum terungkap pada diri guru tersebut.

Sebagian guru sudah terlihat maksimal dalam mengajar dan bekerja namun masih ada sebagian guru masih berfikir konvensional dan resisten terhadap perubahan. Sebagai seorang pemimpin saya harus bisa mensetting pikiran saya untuk terus optimis dan positif thinking. Ini semua memerlukan proses yang tidak sebentar dan tidak mudah tapi saya yakin akan bisa berubah.

Salam perubahan

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *

I am an educator and recently I am working at Budi Luhur School teaching at Senior High School and Developing School Management. I also involving at Elementary Level as a principal.