Guru Menginspirasi

Teacher is the heart of the school

Teachers Upgrade

Nat Geo Learning – Meet Pak Munif Chatib

Hari ini Sabtu, 26 Januari 2019, saya dan teman-teman Budi Luhur kembali mengikuti workshop dari Enigma Pakar. Agenda utamanya mereka launching buku National Geographic Learning khusus di Indonesia. Mereka ingin membawa dunia ke dalam kelas dan membuat kelas tersebut menjadi hidup. Banyak hal yang dilakukan oleh Nat Geo Learning dalm proses pembelajaran HOT (High Order Thinking).

 

Kali ini saya mengajak beberapa guru yang membutuhkan penyegaran dalam proses pembelajaran dan tentu saja untuk saya sendiri yang harus mengupdate diri dan skill. Salah satu yang menarik dari workshop ini adalah karena ada pak Munif Chatib lagi sebagai pembicara nya. Sungguh saya sangat tertarik ketika beliau menceritakan pengalaman dan pemikirannya tentang pendidikan yang menyenangkan. Beberapa hal akan saya adopsi untuk sekolah Budi Luhur.

 

Salah satunya adalah melatih guru-guru Budi Luhur untuk menjadi fasilitator/ interviewer MIR (Multiple Intelligences Research) yang bisa digunakan SD, SMP dan SMA. Dengan menggunakan tools ini akan mempermudah guru untuk memberikan stimulus yang tepat kepada siswa.

Guru itu harus bisa menginspirasi murid-murid nya, jadi tidak ada cara lain selain guru harus menjadi manusia pembelajar dan membuka diri untuk belajar hal-hal baru yang belum pernah dia lakukan.

Materi yang menarik dari pak Munif Chatib dan saya sangat setuju dengan hal ini. Ini semua sudah saya lakukan untuk melatih guru-guru saya menyesuaikan dengan pengajaran abad 21 namun semua perlu proses, konsistensi dan komitmen dari kita semua.

ciri-ciri guru Abad 21:

  1. Multitasking: guru harus bisa mengajar beberapa mata pelajaran dan melakukan pekerjaan bukan hanya mengajar.
  2. Multimedia: Guru harus bisa menggunakan multimedia untuk mendukung proses pembelajaran.
  3. Online social Networking: Guru harus bisa membuat jaringan dengan social network.
  4. Online Info Searching: ini sudah sangat umum dengan Google atau lainnya.
  5. Video Visual Informasi: bahwa anak sekarang belajarnya lewat Youtube yang berdurasi hanya 3 menit. Maka guru harus bisa Nge-Vlog.
  6. Hyper Competitor: persaingan yang sangat besar dari semua lini bidang.
  7. Rapid Change: perubahan yang sangat cepat, HP setiap bulan ada yang baru. Teknologi berkembang pesat. Guru harus bisa beradaptasi dengan semua itu.

Jika anda seorang guru, maka anda harus bisa beradaptasi dengan cara belajar Abad 21 ini.

Salam Budi Luhur

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *

I am an educator and recently I am working at Budi Luhur School teaching at Senior High School and Developing School Management. I also involving at Elementary Level as a principal.