Guru Menginspirasi

Teacher is the heart of the school

Blog

Mengapa kita harus GO GREEN?

Mengapa kita harus GO GREEN.
Mungkin kalimat Go Green ini sudah sangat biasa di telinga kita. Berapa banyak tulisan atau poster yang mengajak kita untuk Go Green tapi sedikit dari kita yang sudah melaksanakan nya. Tiga tahun terakhir ini saya mengikuti program Adiwiyata dan menjadi penggiat adiwiyata. Memang skala saya masih menjadi pembicara di kelas atau sekolah-sekolah lain yang ingin menjadi sekolah Adiwiyata. Tetapi saya ingin berbagi sudut pandang saya tentang Go Green itu sendiri.

Adiwiyata itu sendiri adalah bentuk penghargaan kepada sekolah karena ikut berpartisipasi menjaga lingkungan hidup kita dan yang lebih besar lagi menjaga BUMI kita yang sekarang ini dalam keadaan kritis. Kita sebut saja polusi yang paling terlihat adalah polusi sampah di darat dan lautan, pohon yang semakin sedikit karena tidak seimbangnya yang di tebang dan yang di tanam, penggunaan energy yang semakin hari semakin besar, hampir disetiap rumah memiliki AC, kendaraan bermotor semakin banyak, dan lain sebagainya.

Ketika saya berkaca pada diri sendiri saya lakukan apa yang bisa saya lakukan dan saya tularkan kepada keluarga terdekat dan teman terdekat dan selanjutnya lingkungan sekolah dalam hal ini rekan kerja dan siswa-siswi Budi Luhur.

Dasar pemikirannya sederhana… sangat sederhana…. Dari 3 R (reduce, reuse, recycle) mana yang paling mudah kita lakukan. Recycle membutuhkan waktu dan biaya lebih. Reuse menggunakan bahan bekas atau menggunakan barang tersebut berulang-ulang yang akhirnya bisa tetap menjadi sampah dan tidak semua dari kita mau reuse. Dan Reduce di posisi pertama adalah hal yang paling mudah dan efektif.

Alasan yang pertama REDUCE (mengurangi) ini cara paling MUDAH:


1. Menolak kantong plastic jika belanja ke mini market.
2. Makan di tempat atau membawa tempat makan sendiri.
3. Membawa gelas sendiri untuk beli minuman.
4. Menghindari bungkus styrofoam
5. Sebisa mmungkin tidak membeli Botol plastic air mineral/ air the/ minuman soda. Karena selalu bawa botol minum sendiri. Minum air putih lebih sehat.
6. Mengurangi pemakaian konsumsi listrik.
7. Memilih produk yang ramah lingkungan dan hemat energy.
8. Dan lain sebagainya.

Satu ketika, saya ingin sekali minum HAUS…..
Hari minggu lalu akhirnya saya bisa menikmati minuman HAUS yang fenomenal. Saya sudah mempersiapkan tumbler sendiri ke sana, tanpa menggunakan sedotan. Rasanya NIKMAT sekali bisa menikmati minuman tanpa meracuni makhluk hidup lain karena menggunakan gelas dan sedotan plastic.

Alasan yang kedua: Saya melakukan ini untuk anak cucu dan generasi berikutnya.

Ini semua sangat mungkin dilakukan jika kita mau berfikir bahwa yang kita lakukan sekarang adalah efek samping dari orang tua kita dulu. Lalu apa yang kita lakukan sekarang akan memberikan efek pada masa depan anak-anak kita.
Nah…. Apakah kita yakin 10, 20, 30 tahun lagi Tangerang akan sebersih sekarang. Apakah laut dan pantainya akan masih bisa dinikmati oleh anak cucu kita. Coba kita renungkan hal ini. TETAPI tentu saja hal sederhana di atas tidak bisa dilakukan, jika sebagian kita hanya memikirkan diri sendiri, memikirkan yang enak-enak saja, tidak mau repot (klo sering kita dengar keluhan ini). Ngapain repot-repot sich bawa tempat sendiri… lho… inilah yang membedakan manusia yang berfikir dan manusia yang tidak mau berfikir.

Manusia yang manakah anda? Berfikir atau tidak berfikir.

Alasan yang ketiga: Saya selalu terbayang binatang yang terjerat oleh sampah-sampah kita yang akhirnya cacat seumur hidup.


Jadi yang membuat saya begitu kuat untuk menggaungkan GO GREEN adalah hal mudah di atas. Segalanya akan menjadi mudah jika sudah menjadi kebiasaan.
Fakta sudah berbicara, informasi sampah sudah diberikan, pengetahuan tentang bahaya sampah juga sudah kita miliki TAPI hanya satu yang belum…. Yaitu ACTION nya.

Fakta tentang sampah

Dan harus diingat juga, kita tidak bisa merubah perilaku siswa kita, jika kita nya sendiri belum berubah.

So…. Tidak ada pilihan lain selain GO GREEN dalam segala hal. Lakukanlah hal ini untuk anak cucu kita. Bukan karena aturan, bukan karena di suruh, bukan karena gak enak.

Saya menemukan buku panduan Go Green dari WWF yang sangat menarik untuk di baca. Silahkan di lihat.

Salam GO GREEN.
E-Book beliyangbaik-1

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *

I am an educator and recently I am working at Budi Luhur School teaching at Senior High School and Developing School Management. I also involving at Elementary Level as a principal.