Guru Menginspirasi

Teacher is the heart of the school

Artikel

Membangun Budaya Sekolah

Setiap sekolah pasti memiliki karakter masing-masing. Hal tersebut bisa di lihat dari perilaku siswa dan guru nya dalam keseharian. Kultur/ budaya yang baik itu dibangun bersama dengan seluruh stake holder secara konsisten. Di dalam budaya terdapat nila-nilai kehidupan yang sangat perlu kita aplikasikan setiap hari.

Sekolah yang sudah lama berdiri pasti bisa terlihat budayanya dalam belajar dan bekerja (dalam hal ini biasanya disebut: sekolah ini emang begini)…. nah…. klo sudah ada yang bicara seperti itu… berarti budaya sudah terbangun…

Lalu bagaimana sekolah yang baru berdiri atau baru 5-7 tahun berdiri. APakah sudah terlihat budaya nya…. iya sudah mulai terlihat. Yang paling mudah adalah dengan melihat pemimpin nya. Pemimpin Yayasan atau Kepala Sekolah biasanya memiliki karakter yang dominan dan menularkan kepada guru dan staff nya.

Jadi menurut saya jika mau membangun budaya yang baik pilihlah pemimpin yang baik yang memiliki karakter kuat dan positif… dan didukung oleh tim manajemen dan guru yang baik pula. Visi Misi Sekolah bisa menjadi faktor pendukung juga.

Silahkan kita melihat budaya di sekolah kita masing-masing….

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *

I am an educator and recently I am working at Budi Luhur School teaching at Senior High School and Developing School Management. I also involving at Elementary Level as a principal.