Guru Menginspirasi

Teacher is the heart of the school

Blog

Introduction Teachers 21st Century @ SD Fadilah

Hari ini saya diijinkan Allah SWT untuk berbagi ilmu dan saling belajar bersama Sekolah Dasar Fadilah.

Pertemuan pertama ini adalah sharing and learning session yang disampaikan secara sederhana tentang dunia  pendidikan yang semakin hari semakin berubah, perubahan ini mungkin tidak di sadari oleh sebagian guru. Guru harus mulai sadar dan mengejar ketertinggalan nya dalam meningkatkan skill mendidik anak. Bukan hanya pengetahuan ilmu yang akan diajarkan kepada siswa didik, namun yang paling penting juga menguasai teknologi sebagai sarana pembelajaran agar pembelajaran lebih efektif dan menyenangkan.

Saya sampaikan beberapa hal yang di katakan prof. Renald Kasali dalam bukunya “Self Driving”, bahwa anak-anak yang pintar disekolah belum tentu sukses di masa depan jika tidak di latih di rumah oleh orang tua nya dan tidak terlibat di masyarakat. Jadi anak-anak kita tidak bisa hanya di didik di sekolah, orang tua dan masyarakat memiliki peran untuk mengembangkan anak-anak kita. Jika nilai anak-anak di sekolah 9, tapi di rumah tidak pernah dilatih orang tuanya untuk membantu dan di masyarakat tidak pernah terlibat kegiatan sosial, maka 9 di bagi 3 hasil 3. Tapi jika di sekolah nilainya hanya: 6, di rumah mendapat: 7 dan di masyarakat mendapat: 8, maka jumlahnya 21 di bagi 3 sama dengan 7. Itu lebih baik di banding hanya : 9 disekolah dan 0 di rumah dan 0 di masyarakat.

Sebagai guru kita juga harus bisa mengembangkan potensi anak, harus bisa membangun kepercayaan diri anak dan mampu memberi kepercayaan kepada anak didik kita. Salah satu nya adalah dengan menggunakan teknologi. Karena cara belajar anak-anak kita sekarang sudah berbeda dengan cara kita belajar dulu. Beberapa hal yang ingin saya perkenalkan adalah:

  1. Fasilitas Google – G-Suite for education: Google memiliki google drive, google classroom, google site, google photo, mail, docs, sheets, forms, dan banyak lagi yang bisa kita maksimalkan untuk membantu pekerjaan kita sebagai guru dan membuat pembelajaran menjadi lebih mudah dan menyenagkan.
  2. socrative.com
  3. padlet.com
  4. Membuat blog untuk guru: agar guru memiliki portofolio online. Jadi guru memiliki catatan history pengalaman mengajarnya yang suatu hari nanti bisa menjadi buku dan mampu menginspirasi guru lainnya.
  5. Memotivasi guru, bahwa guru harus menginspirasi.

Demikian pertemuan hari ini di sekolah Fadilah, semoga bermanfaat dan tetap semangat.

Salam

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *

I am an educator and recently I am working at Budi Luhur School teaching at Senior High School and Developing School Management. I also involving at Elementary Level as a principal.