Guru Menginspirasi

Teacher is the heart of the school

Parenting

Digital Parenting Budi Luhur

Hari Sabtu lalu, 12 Mei 2018 saya mengundang orang tua kembali untuk Parenting yang ke-4 dengan tema: Digital Parenting dengan mengundang Story-i dari Apple. Lalu saya menjelaskan bahwa sekolah akan menggunakan Aplikasi Google Classroom di tahun pelajaran 2018-2019 dan menggunakan IPAD bagi kelas 5-6 pada tahun 2019-2020.

 

Ketika dibuka sesi pertanyaan, banyak orang tua yang khawatir jika sekolah menggunakan gadget untuk belajar maka anak-anak akan anti sosial dan tidak peka terhadap lingkungan dan lain-lain. Semua bisa saya jawab dengan baik (menurut saya) dengan memberikan pandangan bahwa zaman sudah berubah, seperti itulah gaya anak-anak belajar, kita mendidik anak sesuai zamannya dan hampir semua anak memiliki gadget. Lalu pertanyaannya:

Apakah orang tua memberikan peraturan kepada anak dalam penggunaan gadget?

Apakah orang tua memberikan pemahaman atau informasi sebelum memberikan gadget?

 

Yang sekolah lakukan adalah memberikan pemahaman tentang penggunaan gadget, manfaatnya dan kekurangannya lalu kami berikan mereka kesempatan untuk menggunakan gadget.

Kemudian pada hari minggu saya jalan-jalan ke BxChange untuk mengajak Zafran jalan pagi, lalu saya punya ide bagaimana jika Sekolah membuat Komunitas Ayah Budi Luhur yang salah satu kegiatannya adalah olah raga bersama setiap hari minggu.

 

Tujuannya agar Ayah ikut lebih terlibat dalam proses mendidik anak dan akan lebih mudah jika langsung kepada pemegang kebijakan di rumah yaitu ayah: Lalu kegiatan Olah Raga ini bisa dilakukan secara rutin (tanpa gadget) sebagai penyeimbang penggunaan gadget dan memberikan ruang kepada anak-anak tanpa gadget. Tentu saja kegiatan ini memerlukan motivasi dari Ayah sebagai kepala keluarga dan pemangku kebijakan plus sebagai seorang dibalik kemudi.

 

Apa itu KABL?

Komunitas Ayah Budi Luhur ini hadir untuk ayah Budi Luhur agar bisa ikut terlibat dalam pendidikan anak tanpa mengesampingkan pekerjaan di kantor. Komunitas ini akan memiliki forum

Bagaimana menurut anda?

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *

I am an educator and recently I am working at Budi Luhur School teaching at Senior High School and Developing School Management. I also involving at Elementary Level as a principal.