Guru Menginspirasi

Teacher is the heart of the school

I am a speaker

Blended and Hybrid Learning

Teknologi adalah alat, mesin, cara, proses, kegiatan ataupun gagasan yang dibuat untuk mempermudah aktifitas manusia dalam kehidupan sehari hari. Manusia menggunakan teknologi dalam bidang komunikasi, pembelajaran, transportasi, bisnis, manufaktur, pengamanan data dan lain sebagainya.

Blended Learning: Esensi mengkobinasikan perpaduan Daring dan Luring. Pengajaran terpadu.
1. Interaksi positif antara instruktur dan murid. Kontinyuitas
2. Pendampingan yang berkesinambungan dengan murid.
3. Integrasi antara Luring dan Daring (berkaitan).

Karena kondisi kita pada saat ini pandemic jadi memaksa kita untuk menggunakan teknologi.
Tetap walaupun tidak ada pandemic penggunaan teknologi mutlak sudah kita lakukan jauh sebelum ada pandemic. Sistem blended Learning ini kan menggabungkan tatap muka dan tugas online dengan menggunakan platform apa saja. Blended learning ini kita tidak perlu melakukan video conference yang penting tugas dilakukan.

Jadi yang paling penting adalah Jika sudah menggunakan platform komunikasi dua arah antara guru dan siswa. Mereka bisa berkomunikasi mendiskusikan tugas mereka.

Sekolah Budi Luhur sudah menggunakan Google Workspace selama 6 tahun dan selama pembelajaran online kami juga membutuhkan beberapa alat tambahan.

  1. Jaringan Internet : ini yang paling penting
  2. Router: ini juga penting
  3. Mikrotik: pembagian jalur internet.
  4. Komputer di sekolah
  5. Proyektor
  6. Kamera tambahan dan mic

Selain investasi alat, kami melihat investasi untuk sumber daya manusia nya juga sangat penting dilakukan selama masa pandemic ini. Pleatihan-pelatihan singkat dan sharing session pada setiap rumpun kami lakukan secara berkala.

Demikian tulisansingkat tentang ebinar di atas. Semoga bermanfaat.

 

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *

I am an educator and recently I am working at Budi Luhur School teaching at Senior High School and Developing School Management. I also involving at Elementary Level as a principal.