Guru Menginspirasi

Teacher is the heart of the school

Artikel

Bicara Masa Depan

Dua hari yang lalu saya bertemu dengan orang tua siswa (papa Gavin) yang baru menyekolahkan anaknya di Budi Luhur. Papa Gavin ini adalah salah satu orang tua yang selektif memilih sekolah untuk putranya, di tambah papa Gavin suka dengan dunia pendidikan walaupun latar belakang pendidikan nya adalah Teknik komputer. Belajar psikologi dan bisnis manajemen tidak membuat papa Gavin mengesampingkan pendidikan. Justru dengan berbagai latar belakang pendidikan ini membuat papa Gavin ingin mencari formula terbaik bagi pendidikan anaknya dan umumnya untuk semua anak agar dapat menemukan pola kesuksesan di masa depan

Latar belakang kehidupan papa Gavin yang ketika kecil suka bermain musik, namun di tentang oleh orang tua nya dengan alasan kekhawatiran masa depan. Padahal papa Gavin sangat menikmati musik. Mungkin sama dengan sebagian kita yang ketika kecil suka bermain bola, suka bongkar-pasang, suka eksplore di alam, suka tantangan out door, dan lain sebagainya….. Namun semua itu mendapat tantangan dan tentangan dari orang tua kita. Seakan dengan menyukai hal tersebut kita tidak akan memiliki masa depan yang bahagia/ sukses.

Kembali ke cerita awal, Papa Gavin ini menawarkan untuk membuat kan sistem untuk sekolah yang terintegrasi agar membantu sekolah menjadi lebih baik. Sistem ini tentu akan memberikan banyak manfaat yang luar biasa di masa depan. Papa Gavin mulai bercerita tentang “The Third Wave” karangan Steven Toffler yang akan kita alami nanti di masa depan. Memang menarik untuk dipersiapkan agar kita sebagai orang tua dan pendidik dapat mempersiapkan anak didik kita menghadapi gelombang ketiga ini.

Dengan perbincangan yang panjang lebar tentang pendidikan dan sudut pandang yang berbeda dari setiap orang tentang mendidik anak kata orang tua yang memiliki perusahaan pixelnine.com ini, akhirnya kita menutup percakapan di pukul 11.30 WIB. Keputusan harus saya kembalikan ke Yayasan sebagai pengampu keputusan tertinggi. Tugas saya adalah menyambungkan ide gagasan ini agar dapat teraplikasikan dan menjaga agar sekolah Budi Luhur dapat berdiri 1000 tahun lagi.

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *

I am an educator and recently I am working at Budi Luhur School teaching at Senior High School and Developing School Management. I also involving at Elementary Level as a principal.