Guru Menginspirasi

Teacher is the heart of the school

Blog

ANTI JENUH BELAJAR ONLINE

Sebagian besar dan bahkan hampir semua orang mengeluhkan pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi ini. Kondisi yang tidak stabil ini membuat pikiran dan konsentrasi semua orang terpecah dan akhirnya membuat tidak fokus dengan belajar atau bekerja nya. Kondisi ini sejatinya menguji kita agar menjadi pribadi yang lebih baik.

Saya ingin berbagi beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk tetap semangat dalam pembelajaran PJJ ini.

  1. Mindset kita harus bisa menerima kondisi pandemic ini. Apapun yang terjadi masa pandemic ini adalah hal yang terbaik yang Allah SWT berikan kepada kita. Kita setting dulu pikiran kita selama masa pandemic ini agar kita tidak mengeluh dan menyalahkan keadaan atau menyalahkan orang lain.
  2. Tingkatkan iman dan takwa kita dengan cara mengerti mengerti bacaan sholat kita. Dengan mengerti bacaan sholat akan membuat kita menjadi lebih khusu’. Arti dalam bacaan sholat kita sungguh merupakan doa yang sangat powerful.
  3. Banyak berbagi ilmu dan uang kepada saudara atau teman kita yang membutuhkan. Hal ini akan membuat kita banyak bersyukur bahwa kita dapat membantu orang lain dalam kondisi yang sulit. Kondisi kita juga sulit tapi akan sangat luar biasa jika kita masih bisa membantu orang lain.
  4. Punya kegiatan lain yang positif dan mampu mendukung pekerjaan atau kegiatan KBM kita. Saya contohkan : saya sebagai guru dan kepala sekolah. Saya punya kegiatan ikut Online Class, Ikut lomba dan menjadi pembicara untuk berbagi pengalaman, dan jadwal bermain dengan anak yang cukup padat. Walaupun kegiatan saya tidak semua menghasilkan uang tetapi kegiatan positif ini akan membuat pikiran kita tidak terlalu fokus pada hal-hal yang membuat kita jenuh (yaitu belajar Online itu tadi). Bisa juga dengan memasak, bercocok tanam, bermain dengan anak, dll.
  5. Tidak terlalu serius menyikapi sesuatu yang bukan prinsip. Contoh nya: jika ada anak yang belajar sambil makan, atau kamera di matikan, atau bicara yang mengundang perdebatan. Selama mereka mau aktif itu sudah bagus. Dan kita tidak perlu marah, anggap saja itu bagian dari KBM.

Semoga beberapa hal di atas yang sudah saya praktikkan bisa membuat kita bekerja dan belajar online tetap berjalan lancer. Kita tidak tahu sampai kapan pandemic ini, tetapi kita sudah mampu beradaptasi dengan kondisi pandemi ini.

Salam Belajar Online.

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *

I am an educator and recently I am working at Budi Luhur School teaching at Senior High School and Developing School Management. I also involving at Elementary Level as a principal.