Guru Menginspirasi

Teacher is the heart of the school

Artikel

Sekolah di Sekitar Bintaro

Banyak orang tua bingung memilih sekolah ketika ingin menyekolahkan anaknya masuk TK dan SD. Karena pada masa ini adalah masa emas dan senang-senang, orang tua pun bertanya kepada anaknya, “suka nda di sekolah ini?”. Namun sebelumnya orang tua sudah melakukan

survey ke berbagai sekolah untuk melihat dan bertanya seperti apa kegiatan harian di sekolah tersebut.

Mengutip tulisan Prof. Renald Kasali dalam bukunya Self Driving: bahwa sekolah bukan satu-satunya ukuran kesuksesan seorang anak, dan nilai bukan menjadi tolak ukur kesuksesan. Keberhasilan anak akan terdiri dari kehidupan di keluarga, sekolah dan masyarakat.

Jika anak kurang berhasil disekolah, maka anak masih bisa dibentuk di rumah bersama keluarga (ayah dan ibu) dan dibentuk juga di masyarakat dengan kegiatan karang taruna, atau kegiatan remaja lainnya.

Jadi ini pun yang menjadi dasar bahwa nilai bukan menjadi fokus sekolah ini, namun pembentukan karakter yang berkolaborasi dengan orang tua menjadi lebih penting. Disekolah ini orang tua akan ikut repot, ikut terlibat, ikut menyelami arti mendidik anak, dan tentu saja ikut bersabar mendidik anak sendiri yang unik seperti orang tuanya.

https://youtu.be/lrITTIZ_qCc

Kali ini saya mau memberikan informasi tentang Salah satu sekolah Swasta di Sekitar Bintaro. Sekolah ini Sekolah Nasional Plus yang memiliki beberapa perbedaan dari sekolah lainnya:

1. Bilingual dalam pembelajaran dan mendukung perkembangan majemuk yang biasa kita sebut Multiple Intelligencies dan

2. Pembelajaran Karakter berbasis Budi Luhur.

Pembelajaran karakter ini sudah dikemas menjadi 9 Pilar Budi Luhur yang diajarkan setiap hari Senin, Selasa dan Rabu sebelum mereka belajar. Sebelum belajar orang tua akan diinformasikan untuk materi setiap pilarnya. Setiap pilar akan ada 1 project yang harus dikerjakan oleh anak dan orang tua di rumah.

Setiap tahunnya sekolah mengadakan perayaan Nasional, Internasional dan keagamaan. di sekolah ini tidak ada ranking dan siswa akan mendapatkan dua raport. raport Dinas dan raport berupa pencapaian (Progress Report) dan guru akan memberikan masukan positif untuk siswa dan orang tuanya. Yang menarik adalah raport Dinas ini tidak kami berikan kepada orang tua sampai dengan kelas 6, orang tua hanya kami berikan progress report saja.

Lalu…? pertanyaannya, bagaimana orang tua bisa tahu perkembangan anak?

iya, hal ini dilakukan agar orang tua tidak fokus dengan hasil dari raport tersebut. Orang tua perlu mengikuti perkembangan anak dan tahu progress nya. Orang tua pun akan diberikan materi Parenting setiap 3 bulan sekali. Harapannya orang tua akan semakin mengenal anak lebih dekat dan tahu potensi anaknya dan dapat mengembangkan sesuai dengan skill yang anak miliki.

Menyembunyikan nilai ini pun efektif untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa takut anak untuk belajar disekolah. Anak merasa tidak dinilai dengan angka yang jika angka tersebut jelek, mereka akan di “di minta untuk memperbaiki angka tersebut menjadi bagus” semua harus bagus…. dan lain sebagainya.

Pembelajaran di dalam kelas mendukung cara belajar siswa dengan cara fun learning. Kinestetik: gaya belajar anak dengan banyak bergerak, menyentuh dan melakukan aktivitas motorik. Auditori: Gaya belajar dengan cara mendengarkan, tentu saja guru akan menjelasakan dan bercerita. Visual: Gaya belajar dengan melihat gambar atau video. di dalam kelas usdah di lengkapi dengan Komputer, Sound System dan In Focus untuk menunjang pembelajaran. Sekolah pun mendukung jika guru atau siswa ingin belajar di luar kelas.

Sekolah Budi Luhur hanya menerima 2 kelas setiap tahunnya dengan di tangani dua guru/ kelasnya. Kegiatan belajar di mulai pukul 07.00 – 12.55 WIB. breaknya ada dua kali, pukul 09.20 dan 11.30 WIB. Walaupun sekolah umum, anak-anak dibiasakan sholat berjama’ah dipimpin oleh guru agama Islamnya. Pada waktu sholat berjama’ah, siswa yang beragama lain akan berkumpul di satu kelas untuk berdoa pula. Pada saat belajar agama, masing-masing siswa akan bertemu dengan guru agamanya. Perayaan agama pun dirayakan sesuai dengan keyakinannya.

Siswa di sekolah ini tidak terlalu banyak hanya 250 siswa. Ada Playgroup, TK dan SD. Agar lebih terkontrol dan dapat memberikan perhatian personal.

Sekolah ini memiliki kegiatan Assembly yaitu memberikan siswa untuk tampil di panggung dan di tonton oleh teman-temannya orang tua nya. Assembly ini bisa apa saja, bernyanyi, drama musikal atau pertunjukan sulap. Setiap siswa akan mendapatkan peran dan belajar untuk percaya diri.

Setiap tahun siswa akan melakukan kegiatan minitrip dan fieldtrip. Biasanya ada prgram khusus kelas 5 & 6 Edufuntrip to Singapore. Siswa disekolah ini mempunyai kebiasaan salam kepada gurunya setiap berpapasan, kebiasaan yang sudah jarang kita saksikan. Guru-guru disekolah ini pun sangat energik dan kooperatif dengan orang tua. Setiap kelas nantinya akan dipilih perwakilan Class Mom untuk dapat menghubungkan kegiatan sekolah dengan orang tua.

Kira-kira demikian review sekolah Budi Luhur.

Salam Budi Luhur

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *

I am an educator and recently I am working at Budi Luhur School teaching at Senior High School and Developing School Management. I also involving at Elementary Level as a principal.